Tanggapan Roy Suryo Kemungkinan Gisel Dipidana Kasus Video Pribadi

Polda Metro Jaya memutuskan Gisella Anastasia tersangka kasus video syur viral. Seketika informasi tersebut langsung dapat sorotan dari Roy Suryo.

Ahli telematika itu kemudian merespon pertanyaan netizen soal kemungkinan Gisel dipidanakan sebab tersebarnya video yang bersifat pribadi. Roy Suryo langsung memberi tanggapannya via Twitter.


Video syur Gisel


"Tweeps, banyak yang mempertanyakan, menyimpan video pribadi seperti GA bisa dikenai pidana?" Tulis Roy di Twitter, Rabu (30/12).

Menurut Roy Suryo, akan aman selama video pribadi itu isinya tidak melanggar aturan dan tak menyebar luas karena faktor kelalaian. "Aman, apabila video itu isinya tak melanggar hukum dan benar-benar dapat disimpan secara pribadi, alias tidak pernah lalai ditransmisikan ke pihak lain, apalagi tak terkontrol beredar," tambah Roy.

Melansir wowkeren, akan tetapi ulasan Roy Suryo belum sepenuhnya menjawab ribuan pertanyaan netizen. Banyak dari netter yang bertanya apakah Gisel termasuk lalai mengingat video syur itu tersebar karena ponselnya hilang.

"Pak, bgaimana kalau hp/laptop rusak atau hilang atau dicuri, apakah file2 yg ada dlm gadget tsb diambil kemudian disebarluaskan masih bisa dikatakan akibat kelalaian," tanya seorang netter. "Pd kasus ini yg menyebarkan bukan GA... apakah dia bisa terhindar dr hukum? Sbgmna kronologis nya video tsb ada pd hape yg hilang," sahut netter yang lain.

Institute of Criminal Justice Reform (ICJR), menilai bahwa Gisel tak bisa dipidana apabila tidak menghendaki videonya yang berkonten pornografi tersebar. Gisel bersama Michael Yukinobu de Fretes, lawan mainnya dalam video syur seharusnya mendapatkan perlindungan hukum sebab mereka korban.






Post a Comment for "Tanggapan Roy Suryo Kemungkinan Gisel Dipidana Kasus Video Pribadi"